Cantiknya Lucid Lynx…Love You So Much

Setelah lama bertahan hidup bersama Karmic, akhirnya lahir juga si cantik Lucid Lynx . Dengan gelar LTS-nya alias Long Term Supportnya telah membuatku tanpa berpikir panjang untuk meminangnya dari repository http://ubuntu.pesat.net.id. Begitu terpesonanya aku terhadap kecantikannya, hingga aku bahkan rela cuti kerja hari ini agar dapat menikmatinya sepanjang long weekend ini . Librarynya semakin lengkap , apalagi dengan setting Compiz manager nya yang semakin mudah. 

Bluetooth Modem GPRS/EDGE/3G di Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx)

Satu hal lagi yang membuatku semakin mencintainya, deteksi mobile wireless network melalui koneksi bluetooh yang sebelumnya agak sulit dilakukan saat bersama karmic, apalagi saat bersama Jaunty.  Entah aku yang bloon atau librarynya yang belum sempurna , yang jelas, aku harus menggunakan wvdial untuk dapat terkoneksi ke Internet setelah terkoneksi melalui device /dev/rfcomm0. Akan tetapi, si Lucyd telah memberikan kemudahan cukup dengan mencari bluetooth mac address handphoneku di terminal dengan command :

$ hcitool scan

lalu muncullah mac address bluetoothku di terminal itu ….. 00:22:3F:XX:XX. Kemudian berbekal alamat ini,command aku lanjutin dengan :

$ sdptool browse 00:22:3F:XX:XX

lalu muncullah data yang aku butuhkan yaitu : “Serial Port” pada channel 11. langsung aja aku kawinkan Laptop dan Handphoneku pada channel 11 itu dengan :

$ sudo rfcomm connect rfcomm0 00:22:3F:XX:XX 11

Nah, yang mengejutkan, di indikator Wireless Network langsung muncul pilihan “New Mobile Broadband Connection”. Kebetulan aku menggunakan IM3, aku klik pilhan itu, lalu masukkan nama koneksi semauku , lalu APN-nya seperti biasa untuk IM3 aku isi dengan : indosatgprs…..ehh, langsung connect..nggak perlu pake username dan password!!! Horeeee..padahal saat masih menggunakan karmic dan jaunty ga semudah ini.

Gwibber untuk FB-an

Ini aplikasi baru yang belum sempat aku temui di repo jaunty dan karmic. Gwibber memberikan kemudahan buatku untuk terkoneksi dengan account facebookku setiap saat tanpa harus membuka website facebook. Wahhh…udah kayak Snaptu aja kalo di Java Mobile

Chatting dengan Empathy

Ini sebenarnya bukan aplikasi baru. Tapi di Lucid ini, empathy sudah lebih disempurnakan. Saat aku coba, wooooww..lebih ringan dari pidgin, tampilannya lebih menarik, sayangnya fasilitas penunjannya masih nggak sebanyak Pidgin

Widget indikator cuaca

Kebetulan hari ini tadi hujan deras saat aku lagi asyik2nya chatting sama temen-temin. Nah lho…..tiba-tiba indikator cuaca di sebelah kalender BIOS (yang sejak Lucid ini terinstall, luput dari perhatianku) berubah status menjadi “Rain” lengkap dengan suhu saat itu. Wowwww…hebat euy (*ndeso mode on)

Beberapa bagian tubuh Lucid yang lainnya kayaknya semakin menarik hatiku untuk mengexplore keindahannya. Hmmmm….buat kopi dulu ahhhh….biar enak ngexplorenya


3 Replies to “Cantiknya Lucid Lynx…Love You So Much”

  1. hehehe…aku udah lama ga pake windows rus. Yang aku bahas ini tentang Operating system Ubuntu 10.04 dengan code name : Lucid Lynx. Baru aja di release akhir april kemarin. Aplikasi yang aku bahas tentunya ya buat Linux aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *