Mengaktifkan USB peripheral di VirtualBox OSE

Bergelut dengan dunia IT di Indonesia ini memang sedikit menyusahkan. terkadang kita harus munggunakan lebih dari satu Operating System untuk memenuhi permintaan Client. Dan satu hal yang paling menyebalkan dari sifat umum client indonesia adalah pemalas …mmm, maksud saya, terlalu sibuk kalau diminta untuk UAT . Sehingga terpaksa kita sendiri yang melakukannya (**singkatannya jadi DAT dong??)¬†

Biasanya untuk melakukan DAT UAT itu tadi saya menggunakan Oracle VM VirtualBox OSE 3.2.10 pada Maverick Meerkat di notebook saya. Beberapa waktu yang lalu muncullah kebutuhan untuk mengkoneksikan virtual OS dengan peripheral USB yang terkoneksi pada Host. Nah masalahnya, semua peripheral USB yang terdeteksi tidak dapat di-mount ke ¬†dalam virtual alias berwarna grey kalo kata orang aborigin. Beberapa blog yang kukunjungi memberi tuntunan yang bisa bikin gatal-gatal di ketiak untuk memahaminya satu per satu . Dan akhirnya sampailah pada kesimpulan bahwa hal ini disebabkan user yang saya gunakan di maverick meerkat perlu didaftarkan pada group vboxuser yang telah dibuat oleh virtual box tersebut saat dirinya diinstall. Walaahhh…kalo kata orang jawa timur : “nggelethek tibake”.

Dari kesimpulan itu, langsung saja saya meluncur ke menu System > Administration > Users and Group lalu mendaftarkan diri di grup vboxuser, restart maverick dan….”welcome to celebration” atas diaktifkannya USB peripheral di virtualbox !!!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *